Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Oleh-Oleh dari Kalimantan yang Menjadi Favorit

Punya saudara di luar pulau itu menyenangkan. 
bagaimana tidak? Dalam kehidupan yang berjarak, kita akan selalu memiliki rindu yang tak bisa terbayar. Rindu bertemu, rindu bercengkrama secara langsung, dan pasti rindu dibawakan oleh-oleh favorit saat pulang kampung.wkwkwk

Begitu juga saya dan keluarga. Ada oleh-oleh khas yang melengkapi kerinduan kami. Saat saudara pulang  Jawa, pasti tidak akan pernah ketinggalan satu oleh-oleh yang bernama IKAN TERI. 

Ikan Teri? YUps! Ikan teri ini spesial. Spesial dari Kalimantan Barat. Saya belum pernah menemukan ikan teri yang kelezatannya bisa menandingi ikan teri asli Kalimantan. Ketika di pasar ada yang bilang bahwa ikan teri yang di jual adalah teri Kalimantan, tapi menurut saya tetap beda dan tidak sama dengan teri asli Kalimantan.

Ikan teri Kalimantan ini memiliki tingkat kegurihan yang sempurna. asinnya pas ketika disandingkan bersama dengan nasi putih. dilengkapi dengan sambel lombok merah, baik dimasak langung bersama si sambal ataupun tidak. Ikan teri Kalimantan juga memiliki tekstur yang lembut dan berisi.

kalau saya, paling suka dicampur langsung dengan sambal. Speialnya lagi, meskipun dicampur langsung dengan sambal, ikan teri ini tetap kriuk alias tidak 'mlempem'. benar-benar menyatu rasa asin dan pedasnya. 

Kunci utama agar ikan teri tetap kriuk saat dimasak dengan sambal adalah di penggorengan ikan teri. Pastikan tingkat kematangan ikan teri sudah pas. kalau sudah kematangan ikan teri udah pas, sisihkan si teri lalu masukkan sambal yang sudah disiapkan. setelah aroma sambal menguar, campur deh ikan terinya. dijamin aromanya membuat perut semakin tergelitik untuk segera menikmati kelezatan sambal ikan teri khas Kalimantan.

Kadang. Kalau saudara saya belum ada yang mau pulang ke Jawa namun keinginan menikmati ikan teri Kalimantan begitu kuat, pasti saya minta untuk dikirim langsung dari Kalimantan. Harga teri Kalimantan juga memiliki variasi sesuai dengan kualitas si ikan teri.

Ikan teri Kalimantan memang sedikit lebih mahal dibadingkan dengan ikan teri yang ada di pasar, khusunya pasar Balong-Pucakwang-Pati. apalagi kalau dikirim langsung dari Kalimantan, mahalnya nambah di ongkir. Namun, meski begitu kenikmatan dan kelezatan yang didapat pasti sangan sebanding dan memuaskan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar